Lampaui Target, 36 ATM Beras Kota Bandung Telah Bantu 3.149 KK

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG).- Pemerintah Kota (Bandung) kini memiliki 36 ATM beras yang disebar di 30 Kecamatan dan 34 Kelurahan di Kota Bandung. ATM tersebut mendistribusikan beras bagi 3.149 Kepala Keluarga (KK) di Kota Bandung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, 36 ATM Beras tersebut telah melampaui target RPJMD yakni 30 ATM Beras.

ATM Beras tersebut juga telah membantu lebih dari 3.149 KK atau lebih 140 persen atau 2.250 KK.

“Capaian tersebut telah melampaui target RPJMD. Rencananya tahun depan kita akan menambah 3 ATM Beras kembali sehingga mencapai 39 ATM Beras di tahun 2023,” ujar Gin Gin saat peluncuran ATM Beras Kota Bandung Tahun 2022 di Kantor DKPP, Senin 12 Desember 2022.

Pada kesempatan tersebut, peluncuran ATM Beras dilaksanakan di 6 kelurahan yakni, Husein Sastranegara, Cieumbeuleuit, Cigondewah Kaler, Tamansari, Kopo dan Dago.

Masyarakat penerima manfaat tengah mencoba ATM Beras, Senin (12/12/2022). (foto:Humas Kota Bandung)

Khusus di Kelurahan Husein Sastranegara terdapat 100 KK penerima manfaat dan akan mendapat tambahan paket pangan holtikultura.

Program ATM Beras diperuntukkan khusus untuk masyarakat kurang mampu. Rencananya, pihaknya akan menambah tiga ATM lagi di tahun 2023 untuk melengkapi keseluruhan kecamatan di Kota Bandung.

Satu unit ATM Beras bisa membantu 75 kepala keluarga (KK). Masing-masing KK memperoleh 10 kg beras setiap bulannya.

“Satu kali pengambilan itu 2,5 kg per minggu. Jadi, dalam waktu sebulan, satu KK bisa mendapatkan 10 kg beras,” ujarnya

Gin Gin menambahkan, program ATM Beras ini akan diberikan selama satu tahun untuk masing-masing KK. Setelah itu, daftar KK lain akan dijadikan sebagai penerima bantuan ATM Beras di periode selanjutnya.

Untuk memvalidasi data penerima manfaat ATM Beras, DKPP Kota Bandung berkoordinasi dengan pihak kewilayahan. Para penerima manfaat ini sudah harus terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana turut memberikan bantuan 900 kg untuk 180 KK sehingga satu KK mendapatkan 5 kg beras.

Ia menghaturkan terima kasih dan mengajak seluruh stakeholder untuk turut membantu dan berkontribusi pada program ATM Beras di Kota Bandung.

“Mudah-mudahan nanti ke depan banyak donatur yang bisa mendukung,” ujarnya. (RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *