Pemkab Bandung Siapkan Anggaran Awal Rp 50 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkada 2024

DEPOSTJABAR.COM (SOREANG),- Bupati Bandung H.M  Dadang Supriatna melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung di Jalan Sindang Wargi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (13/12/22). Sebelumnya, pada hari yang sama, Bupati Bandung didampingi jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkunjung ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung, di Soreang.

Bupati Bandung mengatakan, saat melaksanakan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Bandung dan Bawaslu Kabupaten Bandung, ia melihat langsung tahapan pemilu sudah siap dilaksanakan.

“Terkait dengan prasarana dan sarana lokasi atau Kantor Bawaslu Kabupaten Bandung, sesuai dengan permohonan  akan pindah ke Sadu. Kita akan kroscek ke lapangan, apakah bisa dilaksanakan tahun 2023 atau bagaimana. Tapi kita upayakan Tahun 2023 bisa dilaksanakan,” kata Dadang Supriatna saat kunjungan dilaksanakan.

Bupati Dadang Supriatna mengungkapkan, saat ini KPU Kabupaten Bandung sedang melewati proses tahapan seleksi calon penyelenggara pemilu di tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk kesiapan pelaksanaan Pemilu.

“KPU, saat ini sedang seleksi persiapan anggota PPK, PPS dan dalam pelaksanannya sudah sesuai jadwal. Kalau melihat secara langsung, KPU sudah siap melaksanakan tahapan-tahapan dalam persiapan penyelenggaraan pemilu 2024,” katanya.

Bupati Bandung juga mengatakan, pihaknya akan memikirkan dan memprioritaskan kebutuhan gudang KPU Kabupaten Bandung, yang sempat dibahas dengan jajaran KPU Kabupaten Bandung dan jajaran OPD lainnya di Kantor KPU Kabupaten Bandung  tersebut.

“In Syaa Allah hari ini kita akan bahas dan berharap pada tahun 2023 sudah mulai bisa dilaksanakan, walaupun secara bertahap,” kata Bupati Bandung.

Namun untuk keseluruhan pembangunan pergudangan itu, Dadang Supriatna mengungkapkan, akan dilaksanakan secara bertahap pada tahun 2024 mendatang, setelah pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

Bupati Bandung pun menyebutkan, Pemkab Bandung untuk tahap awal sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 miliar untuk pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang.

“Namun jika terjadi Pandemi Covid-19 lagi pada 2024 mendatang, belum dimasukkan pada anggaran itu. Tapi menjadi catatan dan apabila terjadi Covid-19 lagi, akan disiapkan anggarannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan,  dengan kunjungan Bupati Bandung ke KPU Kabupaten Bandung menunjukan bahwa Bupati Bandung memberikan atensi dalam sarana dan prasarana di KPU Kabupaten Bandung. “Apalagi sesuai Undang-Undang, Pemda harus memfasilitasi kegiatan Pemilu maupun Pilkada,” kata Agus.

“Apalagi kita sudah sampaikan, hal yang krusial itu adalah gudang di KPU Kabupaten Bandung,”katanya.

Selanjutnya Agus mengatakan bahwa sebelumnya KPU Kab. Bandung belum memiliki gudang, sehingga untuk pergudangan KPU masih menyewa gudang di tempat lain.
“Kita berharap, KPU Kab. Bandung memiliki gudang sendiri kedepannya. Kalau kita bangun gudang, selama ini, KPU menyewa gudang,” katanya.

Agus mengatakan, untuk pembangunan gudang KPU Kab Bandung, pihaknya sudah menyiapkan lahan khusus di samping Kantor KPU Kabupaten Bandung. “Kebutuhan anggarannya, untuk pembangunan kantor dan gudang KPU Kab Bandung sudah diusulkan sekitar sebesar Rp 20 miliar,” katanya.

Agus berharap pembangunan gudang itu bisa dilaksanakan pada 2023 mendatang, sebelum pelaksanaan pemilu atau Pilkada. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bandung maupun Bupati Bandung yang sudah memberikan atensi dalam rencana pembangunan gudang KPU Kabupaten Bandung.
“Lahan sudah ada yang dihibahkan, KPU hanya terima kunci saja. Yang membangun gudang KPU adalah Pemkab Bandung. Jadi kita tak terlibat dalam pebangunan gudang itu,” katanya. (Ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *