Beranda » Bandung Siaga 112, Upaya Pemkot  Siapkan Layanan Kegawatdaruratan, Begini Caranya

Bandung Siaga 112, Upaya Pemkot  Siapkan Layanan Kegawatdaruratan, Begini Caranya

oleh Herlan
41 views

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG).- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan layanan kegawat daruratan yakni Bandung Siaga 112. Layanan ini mempermudah masyarakat untuk mengingat nomor gawat darurat.

Mekanisme kerja Bandung Siaga 112 relatif mudah; tinggal ambil ponsel, lalu tekan 112, dan anda akan terhubung dengan Bandung Command Center yang akan diintegrasikan kepada dinas terkait.

Untuk kasus kegawatdaruratan, layanan ini memiliki waktu respon (respond time) yang tidak melebihi 5 menit.

Sejak  Januari hingga awal Desember 2022, Call Center 112 telah menerima 166.591 panggilan dengan 615 panggilan kejadian kegawatdaruratan. Dengan rincian kecelakaan (158 panggilan), keadaan darurat lain (250 panggilan), kebakaran (73 panggilan), keamanan dan ketertiban umum (7 panggilan), kesehatan (77 panggilan).

Sisanya, kriminalitas (9 panggilan), kerusuhan (3 panggilan), kekerasan anak/perempuan/KDRT (1 panggilan) dan bencana alam (37 panggilan).

Walikota Bandung, Yana Mulyana mengimbau warga bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban umum di Kota Bandung.

Ia menginstruksikan, Satpol PP dan Dishub untuk rutin menggelar patroli. Sedang aparat kewilayahan, Yana meminta Sistem Keamanan Keliling (Siskamling) kembali digiatkan

“Jaga keamanan. Untuk pihak kewilayahan, giatkan lagi Sistem Keamanan Keliling (Siskamling). Di ranah pemerintah, kita minta Dishub, Satpol PP rutin gelar operasi,” ujar Yana. (Ali)

BACA JUGA:  Puluhan Siswa TK di Cimahi  Antusias Ikuti Pengenalan Pemadam Kebakaran

Rekomendasi Untuk Anda