Beranda » Dua Tunggal Putra dan Satu Ganda Putra Indonesia Maju ke Semi Final India Open

Dua Tunggal Putra dan Satu Ganda Putra Indonesia Maju ke Semi Final India Open

oleh Herlan
35 views

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG).- Dua pebulutangkis tunggal putra Indonesia ke semifinal India Open 2023. Mereka adalah, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuke Ginting. Kemenangan itu diraih, lewat pertandingan yang berlangsung rubber game. Selain itu  ganda putra Fajar/Rian juga maju ke semi final

Laga yang dilakoni pebulutangkis Indonesia itu berlangsung di K.D Jadhav Indoor Hall, India, Jumat 20 Januari 2023.

Anthony kalahkan pebulutangkis China, Li Shi Feng dengan skor 21-11, 17-21, dan 21-18. Sementara Jojo, panggilan untuk Jonatan menang atas pebulutangkis Taiwan dengan angka 21-15, 13-21 dan 22-20.

Di semifinal Anthony bakal berjumpa bintang Thailand Kunlavat Vitidsarn sementara Jojo akan berhadap-hadapan dengan jawara Olipiade 2020 Viktor Axelsen.

Jonatan Christie. (fotoJonatan Christie)

Jalannya pertandingan

Anthony sukses merebut keunggulan di awal pertandingan gim pertama, lewat smes beruntun, skor 2-0. Pukulan ketiga Anthony, gagal. Li pun mulai mengejar ketinggalan.

Setelah itu, Anthony bisa melebarkan jarak lagi lewat smes-smes yang gagal diantisipasi Li. Wakil China ini, ternyata bisa mengejarnya secara perlahan, dan menyamakan skor 4-4.

Anthony lalu berhasil merebut keunggulan lagi dan melebarkan jarak dari Li yang tertahan di belakang.

Pertarungan yang terus melaju akhirnya membawa pemain kelahiran Bandung itu sukses unggul di interval gim pertama 11-8.

Setelah istirahat Li mendapatkan kesempatan mencetak dua poin beruntun yang menipiskan jarak, skor 11-10.

Gantian, Anthony kembali sukses melakukan serangan balasan. Dia, melebarkan jarak lagi dengan hanya memberikan Li satu poin tambahan menjadi 13-11.

Setelah itu, Anthony kian mendominasi dan melesat hingga mendekati game point. Li yang tak berkutik akhirnya menyerah di gim pertama, 21-11.

Di gim kedua, Anthony lagi-lagi bisa mencetak dua poin beruntun dan memimpin pertandingan 2-0. Li kemudian membalas dan berhasil menyarangkan dua poin juga, skor pun imbang.

BACA JUGA:  Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Juara Malaysia Open 2023, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat

Kesalahan kembali dilakukan Li, bola-bola tanggungnya berhasil dikonversi Anthony menjadi poin. Wakil Indonesia ini pun berhasil melebarkan jarak lagi menjadi 5-2.

Keunggulan Anthony mulai bisa dikejar usai pemain unggulan keenam itu melakukan kesalahan, bola-bolanya terlampau melebar keluar.

Tak pelak, Li berhasil menyamakan kedudukan dengan Anthony, skor 7-7. Kedua pemain bertarung sengit lagi dan skor imbang merangkak naik menjadi 9-9.

Wakil China kali ini lebih unggul usai pukulan menyilang Anthony bisa diantisipasi dengan baik. Dia pun meninggalkan wakil Indonesia di interval gim kedua 9-11.

Pascajeda, Anthony melesat mencetak dua poin beruntun guna menyamakan kedudukan. Sayangnya, setelah itu, dia melakukan beberapa kesalahan, kok yang dipukulnya gagal melewati net.

Li akhirnya bisa melebarkan jarak keunggulan, meninggalkan Anthony dengan gap cukup jauh 11-17. Sampai akhirnya, wakil Indonesia berhasil menipiskan jarak ketinggalan dari Li.

Serangan Anthony lewat pukulan menyilang menipu Li yang kini hanya berjarak tiga poin pada 15-18. Jarak tiga poin bisa dipertahankan Li dan dia menambah satu angka lagi lewat smes ke pojok lapangan, dan berhasil mengalahkan wakil Indonesia di gim kedua 17-21.

Masuk gim ketiga Anthony yang sudah memimpin 2-0, melakukan kesalahan beruntun yang berujung Li langsung menyamakan kedudukan. Kedua pemain lalu bertarung sengit hingga skor kembar mencapai 6-6.

Li mencetak poin beruntun dan meninggalkan Anthony hingga selisih empat poin pada 6-10. Berkat kegigihannya, Anthony akhirnya bisa mengejar ketinggalan dengan cepat.

Anthony sukses melepaskan serangan akurat dan menyamakan kedudukan menjadi 10-10. Satu poin tambahan lalu bisa didapatkan oleh wakil Indonesia dan merebut keunggulan di interval gim ketiga 11-10.

Pascajeda, Anthony mulai melebarkan jarak keunggulan dari Li. Kendati wakil China bisa mengejar, dia bisa mendominasi pertandingan hingga skor saat ini mencapai 16-13.

BACA JUGA:  Babak Semi Final Piala Dunia 2022, Maroko Siap Sulitkan Perancis

Anthony sempat melakukan kesalahan lagi dengan bola-bola koknya yang nggak akurat. Beruntung, dia masih bisa menebus kesalahan, dan menjaga keunggulan 19-16. Permainan wakil Indonesia yang terburu-buru menjadi peluang bagi Li.

Li akhirnya bisa menipiskan jarak dengan Anthony menjadi selisih satu poin 19-18. Setelah itu rally panjang terjadi, wakil Indonesia bisa menambah poin usai pukulan depan net gagal dikembalikan wakil China. Satu smes keras dari Anthony yang masuk lalu menutup laga gim ketiga 21-18.(Aris)

Rekomendasi Untuk Anda