Mengenal Ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri

DEPOSTJABAR.COM,- Semua orang pastinya ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih. Apapun jenis kulit wajahmu, penting untuk menggunakan produk yang dapat membantu kondisi kulit menjadi lebih baik dan tidak merusak kulit.

Namun, demi mendapatkan penampilan kulit wajah yang diinginkan, butuh proses yang panjang dan waktu yang cukup lama. Dalam merawat kulit wajah, tidak bisa dilakukan secara instan karena kulit butuh beradaptasi dan produk membutuhkan waktu untuk bekerja dengan sempurna.

Dikarenakan prosesnya yang lama, banyak orang menjadi tergiur dengan produk kosmetik atau perawatan wajah yang mengklaim dapat mengatasi masalah kulit hanya dalam waktu yang sebentar. Produk-produk tersebut biasanya menawarkan pelanggannya untuk mendapatkan hasil terbaik hanya dalam waktu 2 minggu atau kurang dari satu bulan. Padahal, produk seperti itu patut dicurigai mengandung bahan kimia berbahaya.

Untuk menghindari produk kosmetik abal-abal, berikut merupakan ciri-ciri kosmetik mengandung merkuri yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Berubah Warna Menjadi Gelap

Berbeda dengan produk kosmetik asli yang benar-benar aman untuk dipakai, produk kosmetik khususnya krim wajah abal-abal yang mengandung merkuri biasanya dapat berubah warna. Mengutip dari womenshealthmag.com, krim pencerah wajah yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri biasanya akan berubah warna menjadi abu-abu gelap atau hijau gelap saat terpapar sinar. Jika hal ini terjadi pada krim yang sedang dipakai, segera hindari pemakaian berlanjut karena dapat memberikan efek berbahaya bagi kulit.

2. Tidak Terdaftar BPOM

Melansir dari pom.go.id, salah satu ciri produk kosmetik mengandung merkuri adalah tidak terdaftar BPOM. Selalu lakukan pengecekan terkait label, izin edar, dan tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk. Jika ketiga hal tersebut tidak tercantum pada kemasan produk yang dibeli, maka patut dicurigai bahwa produk kosmetik tersebut mengandung bahan kimia berbahaya. Selalu pastikan bahwa produk telah terdaftar di Badan POM dengan Nomor Notifikasi NA diikuti oleh 11 digit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *