Beranda » Medan Berat, Pengangkutan Sampah dari Bandung Barat ke TPA Sarimukti Terhambat

Medan Berat, Pengangkutan Sampah dari Bandung Barat ke TPA Sarimukti Terhambat

oleh Ali Akbar
91 views

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG BARAT),- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan Kabupaten Bandung Barat (KBB), belakangan ini cukup kewalahan mengangkut sampah dari masyarakat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat.

Pasalnya, truk pengangkut sampah mengalami kesulitan masuk TPA Sarimukti. Akibat hujan yang terus menerus, medan TPA tersebut licin dengan lumpur lengket sehingga kendaraan harus berjalan perlahan.

Kepala UPT Kebersihan KBB, Nurjaman meminta maaf pada pengguna┬á jasa pelayanan sampah atas keterlambatan pengangkutannya. “Mohon maaf, kalau kita belum bisa optimal ngangkut sampahnya. Karena kondisi akses jalan di lokasi TPA Sarimukti lagi terhambat,” ujarnya, saat dihubungi, Selasa (18/10/2022).

Dalam kondisi normal truk ke luar masuk TPA nyaris tidak ada hambatan, bahkan ketika berpapasanpun lancar-lancar saja. Namun karena medan cukup berat, truk harus berhati- hati sehingga lajunyapun lambat. Sementara, truk-truk lainnya dalam waktu bersamaan harus masuk pula ke lokasi.

“Akibatnya, truk mengantre panjang. Otomatis, para sopir juga tidak bisa kembali lagi ke tempat pembuangan sementara. Yah, itulah yang menjadi titik persoalan kenapa ngangkut sampah ini jadi terlambat,” bebernya.

Kondisi tersebut diperparah dengan lahan TPA Sarimukti yang sudah melebihi kafasitas. Para sopir tentunya mengalami kesulitan menurunkan sampah dari truk, lantaran harus mencari-cari lahan kosong.

Kondisi tersebut, kata Nur, bukan hanya dialami KBB saja. Akan tetapi hal itupun dialami Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi yang sama membuang sampah ke TPA Sarimukti.

“Tapi kita juga akan tetap berusaha mengoptimalkan pelayanan pengangkutan sampah ini. Termasuk sampah liar, kita tetap diangkut untuk dibuang ke Sarimukti,” pungkasnya.(Ali)

BACA JUGA:  BPK Periksa Proyek Pagar Pasar Atas Baru Kota Cimahi Sebesar Rp 296 Juta Lebih

Rekomendasi Untuk Anda