Jerman Bertekuk Lutut di Kaki Jepang, Samurainya Pemain Bundesliga

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG).-Jerman bertekuk lutut di kaki Jepang, kalah 1-2 pada pertandingan Grup F FIFA World Cup Qatar 2022, di Stadion Khalifa International, Doha, Rabu 23 November 2022.

Dua Skuad Samurai Biru yang jadi pahlawan adalah, Ritsu Doan cetak gol di menit ke-75 dan Takuma Asano pada menit ke-83. Sedangkan, satu gol Jerman dicetak oleh İlkay Guendogan pada menit ke-33 lewat tendangan penalti.

Ini berarti, Die Mannschaft dikalahkan dua pemain Jepang yang berkompetisi di Liga Jerman 2022/2023.

Ritsu Doan kini membela klub Liga Jerman yaitu Freiburg. Di Liga Jerman 2022/2023 Doan telah bermain sebanyak 15 pertandingan, dengan total 1.077 menit bermain.

Sementara, Takuma Asano kini memperkuat klub Bundesliga, Bochum. Di Liga Jerman 2022/2023, Asano telah bermain sebanyak enam pertandingan sebagai starter dengan menit bermain selama 403 menit.

Kemenangan itu membuat Jepang duduk di puncak klasemen sementara Grup E dengan torehan tiga poin, sedangkan Jerman ada di posisi buncit klasemen sementara tanpa torehan poin.

Jalannya Pertandingan

Menit-menit awal di babak pertama berjalan, pemain Timnas Jerman menguasai jalannya pertandingan.

Namun, sejumlah peluang yang mengancam Jepang tetap gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Alih-alih menyerang, justru Jepang berbalik melakukan perlawanan dan striker Daizen Maeda berhasil membobol gawang Der Panzer setelah mengecoh kiper Manuel Neuer.

Namun gol Maeda dianulir, karena wasit menganggap pemain bernomor punggung 25 tahun itu sudah terjebak offside.

Hingga menit ke-16, kedua tim masih saling menyerang dan memanfaatkan peluang yang ada, namun di antara mereka masih belum berhasil menyetak gol.

Tim Samurai Biru benar-benar tidak mau memberikan kesempatan pemain Jerman untuk bergerak bebas.

Skuad asuhan Hajime Moriyasu itu selalu sukses menghentikan laju serangan para pemain Jerman yang berusaha masuk ke lini terlarang Takefusa Kubo dan kawan-kawan.

Oleh karena itu, hingga menit ke-25, Jerman belum berhasil menyetak satu gol pun.

Meski demikian, pemain Jerman terus mencoba mengepung pertahanan Jepang.

Sejumlah gempuran ke gawang Jepang pun terjadi, namun pemain-pemain belakang Jepang berhasil mematahkan serangan Jerman.

Jerman berhasil pecah telur saat mendapat hadiah tendangan penalti akibat pelanggaran yang dilakukan kiper Shūichi Gonda kepada salah seorang pemain Jerman.

İlkay Guendogan sukses saat mengeksekusi tendangan penalti di menit ke-33 menjadi gol perdana bagi Jerman di babak pertama.

Skor pun berubah untuk keunggulan Jerman dengan skor 1-0.

Gol itu membuat Jerman semakin membabi buta menyerang dan nyaris menyetak gol kedua lewat Havertz, namun dia sudah di posisi offside.

Walhasil, babak pertama diakhiri dengan skor 1-0 untuk keunggulan sementara Jerman.

Babak kedua

Di babak kedua, hegemoni pertandingan masih dikuasai Jerman dengan sejumlah peluang yang berhasil mereka ciptakan. Namun, hingga menit ke-60, Thomas Mueller dan kawan-kawan belum berhasil menggandakan skor.

Termasuk, usaha İlkay Guendogan menyetak gol kedua pun gagal dilakukan. Bola sepakan pemain bernomor punggung 21 itu membentur tiang gawang Jepang.

Hal yang tidak jauh berbeda ditampilkan Jepang dengan beberapa kali usaha menyamakan kedudukan. Namun tetap gagal, akibat bola sepakan yang melenceng dan dihalau pemain-pemain belakang Jerman.

Hal serupa juga dialami pemain Jepang. Segala daya upaya untuk menyamakan kedudukan selalu gagal, karena ketangkasan kiper Manuel Neuer dalam menepis tembakan pemain Jepang.

Berkat kerja keras, akhirnya tim asuhan Hajime Moriyasu berhasil menyamakan kedudukan lewat bola sepakan Ritsu Doan (winger SC Freiburg).

Pemain bernomor punggung delapan itu berhasil merobek gawang Jerman pada menit ke-75 lewat tendangan keras. Kedudukan pun berubah menjadi imbang dengan skor 1-1

Usai gol mengejutkan dari Doan, Pelatih Hansi Flick langsung menarik dua pemainnya, agar bisa lebih efektif dalam lakukan serangan demi unggul di sepuluh menit akhir.

Alih-alih cetak gol, Jerman justru kembali tertinggal dua gol, Jepang berhasil menyetak gol kedua lewat kaki Takuma Asano pada menit ke-83.

Skor pun berbalik menjadi 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Sementara, pemain Jerman yang berusaha untuk mengejar ketertinggalan, kesulitan meski mendapat sejumlah peluang.

Sejumlah peluang yang mereka dapat masih belum bisa diselesaikan dengan baik, bahkan Jepang terus ofensif. Hingga akhir pertandingan, Jerman belum berhasil melakukan pembalasan dan pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Jepang. (Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *