Si Biru yang Misterius, Inilah Fakta yang Tak Banyak Diketahui Tentang Laut

DEPOSTJABAR.COM,- Laut dalam merupakan bagian habitat terbesar di Bumi, menempati hingga 95 persen dari ruang kehidupan di planet, tapi juga merupakan lingkungan paling jarang dijelajahi.

Sangat sedikit yang diketahui tentang laut dalam dan kehidupan di dalamnya karena kedalaman air laut membuat para ahli kesulitan.

Sebanyak 70 persen permukaan Bumi adalah air. Tapi manusia lebih banyak mengetahui tentang permukaan bulan ketimbang kedalaman laut. Faktanya, ada 12 orang yang pernah melangkah di bulan. Tapi hanya tiga orang yang penah ke Palung Mariana. Palung Mariana adalah bagian terdalam laut yang kedalamannya mencapai 11 Kilometer. Berikut adalah beberapa hal menarik tentang laut yang tak banyak diketahui orang. 

1. Berlimpahnya Artefak Bersejarah
National Geographic menyebutkan jumlah seluruh museum di dunia masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah artefak di dasar laut. Banyak sejarah dunia dapat ditemukan di bagian bawah laut. Itu belum termasuk sejumlah besar kapal karam yang tergeletak di dasar laut. James Delgado, Direktur Program Heritage Maritime NOAA, memperkirakan ada 1 juta kecelakaan yang sebagain besar belum ditemukan bangkai kapalnya. Para peneliti mengatakan laut memegang banyak rahasia tentang sejarah manusia dan asal-usul planet.

2. Harta Karun Tersembunyi
Lautan tak hanya kaya oleh flora dan fauna. NOAA menyebutkan Anda bisa menemukan emas yang terlarut dalam air di seluruh lautan. Lautan diperkirakan mengandung hampir 20 juta ton emas, namun dalam konsentrasi yang sangat encer. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *