Timnas U17 Indonesia Harus Menang Lawan Malaysia, Bima Sakti Jelaskan Alasannya

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG),-Timnas U17 Indonesia siap mematahkan perlawanan dari Malaysia di laga pamungkas penyisihan grup B Piala Asia U17 2023. Laga akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022.

Pelatih Timnas U17 Indonesia, Bima Sakti mengatakan Garuda Asia akan tampilkan permainan terbaiknya di laga terakhir penyisihan grup B Kualifikasi Piala Asia U17 2023.

“Kami akan tampilkan permainan terbaik. Untuk pemain, kami lihat kondisi. Ada pemain yang harus kami beri kesempatan bermain. Tapi kami tidak mau draw. Karena memang ini pertandingan terakhir,” katanya.

Arkhan Kaka dan kawan-kawan memang sudah menunjukkan performa terbaiknya di kualifikasi Piala Asia U17 2023. Saat ini, Garuda Asia menduduki puncak klasemen sementara Grup B dengan koleksi 9 poin dari 3 pertandingan.

Angka itu didapat anak asuh Bima Sakti karena berhasil menumbangkan Palestina dengan skor 2-0 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat 7 Oktober 2022.

Sementara itu, Malaysia bertengger di urutan kedua dengan 7 poin , Uni Emirat Arab (UEA) yang mengantongi 6 poin di peringkat tiga.

Sedangkan posisi ke-4 ditempati oleh Guam dengan torehan satu poin, dan sibontotnya Palestina, zero poin.

Dengan statistik klasemen semacam ini, Timnas U17 Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang saat jamu Malaysia di laga terakhir Grup B kualifikasi Piala Asia U17 2023. Laga akan berlangsung hari ini (Minggu 9 Oktober 2022).

Apabila laga Timnas U17 Indonesia vs Malaysia draw, Garuda Asia tetap akan duduk di posisi puncak klasemen akhir Grup B dengan koleksi 10 poin, dari 4 pertandingan.

Malaysia pun tetap di posisi runnerup klasemen akhir dengan 8 delapan poin dari 4 laga.

Kalaupun Garuda Asia menang, catatannya sebagai juara Grup B akan semakin sempurna dengan 12 poin dari 4 laga.

Kalah Hadapi Jalan Terjal

Sementara itu, timnas U17 Indonesia akan mengalami jalan terjal bila mengalami kekalahan di laga pamuncak kontra Malaysia.

Sebab, kekalahan bisa membuat Arkhan Kaka dkk tergusur ke peringkat kedua klasemen dengan koleksi 9 poin dari 4 pertandingan.

Maksudnya, Indonesia harus melewati jalur runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dari total 10 grup yang ada, hanya lima dan enam kontestan yang boleh merebut tiket ke putaran final. Skenario ini memang cukup menyulitkan langkah timnas Indonesia U-16. Sebab, Grup B terdiri dari 5 kontestan. Artinya, berdasarkan regulasi yang ditetapkan, kemenangan melawan tim peringkat ke-4 dan ke-5 tidak akan dihitung.

Indonesia akan kesulitan bersaing dengan runner-up lainnya, karena hanya meraih kemenangan 4-3 atas Uni Emirat Arab (UEA) yang diproyeksikan menempati peringkat ke-3 klasemen akhir.

Sedangkan dua kemenangan melawan Palestina (2-0) dan Guam (14-0) tidak akan dihitung karena keduanya diperkirakan duduk di urutan ke-4 dan ke-5 klasemen akhir Grup B.

Itulah makanya, Indonesia tetap harus menang saat melakoni laga kontra Malaysia di pamuncak babak penyisihan grup B Kualifikasi Piala Asia U17 2023. Agar bisa lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023. (Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

61 komentar