Orang Tua yang Punya Anak Laki-laki Otaknya Menurun Lebih Cepat

DEPOSTJABAR.COM,-Orang tua yang memiliki anak laki-laki otaknya menua lebih cepat daripada orang tua yang memiliki anak perempuan, demikian hasil studi terbaru.

Kekuatan otak mereka ditemukan menurun lebih cepat seiring bertambahnya usia. Dan semakin banyak anak laki-laki dalam keluarga, semakin parah penurunannya, kata para peneliti.

Efeknya adalah anak perempuan menjadi lebih peduli daripada anak laki-laki, yang membantu orang tua untuk tetap sehat.

Temuan ini berasal dari 18 tahun tes kecerdasan pada 13.222 orang tua berusia 50 tahun atau lebih di AS. Mereka harus memecahkan masalah matematika dan mengingat daftar kata yang dibacakan untuk mereka.

Orang tua dari anak laki-laki tidak lebih atau kurang pintar pada awal penelitian, ditemukan.

Tetapi ketika anak-anak mereka tumbuh lebih besar, mereka mendapat skor lebih rendah dalam tes daripada orang tua dari anak perempuan pada usia yang sama.

Peneliti Katrin Wolfova, dari Universitas Columbia di New York, mengatakan: “Orang tua dari setidaknya satu anak laki-laki memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih cepat dibandingkan dengan orang tua tanpa anak laki-laki.

“Hasil menunjukkan efeknya bersifat sosial daripada biologis, karena kami mengamati tren serupa pada ibu dan ayah.”

Menulis di Journal of Psychiatric Research, dia menambahkan: “Anak perempuan memberikan lebih banyak dukungan sosial dan emosional daripada anak laki-laki dan sering menjadi pengasuh informal.

Manfaat anak perempuan pada kesehatan dan depresi dapat berkontribusi untuk menurunkan risiko demensia. (RATIH ANJANI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *