Inilah Beberapa Bangunan Bersejarah yang Ada Pada Zaman Penjajahan

DEPOSTJABAR.COM,- Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, bahasa dan budayanya. Seperti yang kamu ketahui, Indonesia menyimpan banyak sekali sejarah. Penting bagi kamu untuk mempelajari sejarah, khususnya generasi penerus bangsa. 

Tak lekang oleh waktu, jejak sejarah ini juga bisa kamu lihat dari banyaknya bangunan bersejarah di Indonesia. Berikut ini beberapa contohnya yang bisa kamu kunjungi.

1. Candi Borobudur dengan patung buddhanya

Siapa yang tidak mengenal keajaiban dunia ini? Candi Borobudur terletak di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi yang berhiaskan 504 patung Buddha ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. 

Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, candi ini termasuk candi terbesar sedunia yang memiliki 42 m dan ketinggiannya yang mencapai 10 tingkat.

2. Candi prambanan

Pernah dengar cerita tentang Roro Jonggrang? Ya, Candi Prambanan ini memang diawali dengan legenda Roro Jonggrang.

Bercorak Hindu, candi ini memiliki nama lain sebagai kompleks Seribu Candi. Menjulang setinggi 47 meter dengan ornamen candi yang sangat mengagumkan, candi ini terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

3. Lawang sewu

Ikon Kota Semarang ini dulunya digunakan sebagai kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Pembangunan Lawang Sewu ini cukup lama, yaitu sekitar 3 tahun. Setelah kemerdekaan RI, bangunan ini digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Dalam bahasa Jawa, lawang itu berarti pintu, sedangkan sewu berarti seribu. Sehingga, lawang sewu berarti pintu seribu. Ya, bangunan ini memang memiliki pintu yang sangat banyak, namun tidak mencapai 1.000 pintu.

BACA JUGA: Ungkap Mengapa Kucing Suka Memainkan Mangsanya Sampai Mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

53 komentar