Rumah Tua Belanda Milik Bu Susi Pudjiastuti Inilah “Gedung Uyeng”

DEPOSTJABAR.COM,- Konon Gedong atau Gedung Uyeng adalah bangunan tua peninggalan zaman kolonial Belanda. Kita tahu kan dalam sejarah bahwa Kekuasaan Pemerintahan Hindia-Belanda begitu maju dalam bidang pembangunan, terutama di Jawa Barat. Kalo di Bandung ada Gedung Sate, kalo di Bogor ada Istana Buitenzorg atau Istana Bogor. 

Gedung Uyeng berlokasi di Jalan Raya Babakan Nomor 156, Dusun Bojongsari, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.  Bangunan ini berbentuk segi empat, berukuran 12,85 m x 9,00 m, berdiri di atas batur. Atap bangunan berbentuk pelana (limasan), dengan penutup atap berupa genteng tanah liat yang merupakan genteng baru. Gedong Uyeng dilengkapi dengan teras di bagian depan.

Saat ini gedung dimiliki oleh Susi Pudjiastuti yang sempat menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI.  Seperti yang diketahui kalau Susi memang bertempat tinggal di Pangandaran dan memiliki maskapai Susi Air.

Sebelum diambil alih oleh Susi, rumah ini dimiliki oleh keluarga Pak Uyeng Warga Keturunan Cina yang tinggal di Pangandaran sejak tahun 1965.  Informasi dari penjaga gedung Uyeng, Pak Uyeng sendiri berprofesi sebagai seorang guru di Pangandaran.  Dia membeli bangunan ini dari seseorang keturunan Belanda.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

323 komentar