Inilah Efek Samping yang Dapat Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Memakai Earphone

DEPOSTJABAR.COM,- Kehidupan yang serba digital ini, kita tidak bisa jauh-jauh dengan yang namanya teknologi. Dari hal kecil hingga besar semua tak luput dari bantuan teknologi yang memang membantu kita. Salah satu alat yang sering kita gunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari adalah earphone. Alat untuk telinga ini diciptakan agar kita bisa mendengar lebih jernih dan tidak mengganggu orang sekitar. 

Kita biasanya menggunakan earphone untuk menghadiri Zoom Meeting, mendengarkan musik saat senggang, atau untuk teman belajar. Semua ini akan bermanfaat jika digunakan sewajarnya. Namun sebaliknya, kemudahan ini akan menjadi bumerang dan berakibat fatal jika digunakan secara terus menerus. 

Dikutip dari situs Onlymyhealth, ini dia 3 efek samping dari penggunaan earphone terlalu lama secara terus menerus. 

  • Gangguan Pendengaran/Tuli

Efek paling yang dapat ditimbulkan dari penggunaan earphone terlalu lama adalah terjadinya gangguan pendengaran. Sebab telinga bagian dalam sangat sensitif terhadap suara yang masuk, apalagi jika suara yang diterima dari earphone yang jelas-jelas langsung menuju ke dalam telinga. Di dalam telinga ada banyak sel dan salah satunya adalah beberapa sel memiliki struktur mirip rambut kecil. Sel rambut ini yang berfungsi sebagai pemancar untuk perjalanan suara dari telinga ke otak, dimana suara akan diproses lebih lanjut. Terlalu banyak suara keras dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel ini yang mengganggu seluruh proses transmisi suara. Sehingga terjadilah gangguan pendengaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *