Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022, Indonesia Tantang Vietnam

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG).- Sebanyak 4 negara lolos dari fase grup, dan akan bertarung pada semi final Piala AFF 2022. Mereka adalah Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Laga semi final akan digelar secara kandang tandang. Atau dua leg. Laga kandang harus dimanfaatkan sebaik mungkin, golnya harus banyak.

Thailand dan Timnas Indonesia berada di posisi pertama dan kedua Grup A Piala AFF 2022. Sementara Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam pulang kampung.

Thailand dan Timnas Indonesia sejatinya sama-sama mengoleksi 10 poin. Namun, skuad Garuda harus jadi runner-up, karena kalah produktivitas gol dari Thailand.

Di mana Timnas Indonesia hanya mampu mencetak 12 gol dengan tiga kali kebobolan (+9). Sedangkan Thailand mampu mencetak 13 gol dan hanya kebobolan dua gol (+11).

Keadaan itu diperoleh setelah Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama menuai kemenangan di laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022, pada Senin 2 Januari 2022, pukul 19.30 WIB. Timnas Indonesia mampu membungkam Filipina dengan skor 2-1. Di laga lain, Thailand juga menuai kemenangan atas Kamboja. Namun, tim berjuluk Gajah Perang itu mampu menang dengan skor 3-1.

Dengan catatan itu, praktis Timnas Indonesia dan Thailand berhak melenggang ke semifinal Piala AFF 2022.

Sementara dua juara lainnya, Vietnam dan Malaysia berasal dari grup B. Mereka menempati urutan pertama dan kedua di klasemen akhir grup B Piala AFF 2022.

The Golden Star (julukan Vietnam) sukses mengoleksi 10 poin dari tiga kemenangan, satu imbang, tanpa kekalahan sekalipun. Sementara Malaysia di posisi kedua, berhasil mengumpulkan sembilan poin, hasil dari tiga kali menang dan satu kekalahan.

Dengan demikian, Vietnam dan Malaysia memastikan dua tempat tersisa di semifinal Piala AFF 2022. Nantinya, The Golden Star akan ditantang Timnas Indonesia, yang lebih dulu lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A Piala AFF 2022. Di sisi lain, Malaysia bakal bersua Thailand, yang jadi juara Grup A Piala AFF 2022.

Semifinal 2 Leg

Laga semi final akan digelar secara sistem kandang tandang. Atau dua leg.

Marc Klok dan kawan-kawan akan lebih dulu menjadi tuan rumah pada leg pertama melawan Vietnam. Laga akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Jumat  6 Januari 2023, pukul 19.30 WIB.

Bermain di SUGBK harus mampu dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk raih keunggulan. Margin gol dapat berguna di partai selanjutnya ketika bertandang ke Stadion My Dinh National, Minggu 10 Januari 2023, pukul 19.30 WIB.

Di sisi lain, Thailand akan melawan Malaysia. Leg pertama akan berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu 7 Januari 2023, pukul 19.30 WIB. Sedangkan leg kedua, Thailand akan menjadi tuan rumah. Laga dihelat di Stadion Thammasat, Selasa 10 Januari 2023, pukul 19.30 WIB. (Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

314 komentar