Kickoff El Clasico Indonesia Dipercepat, Ini Alasannya

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG),- Kickoff pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta dimajukan, laga yang seharusnya akan berlangsung malam pukul 20.00 WIB menjadi sore pukul 15.30 WIB

Laga bertajuk El Clasico Indonesia (Persib Bandung Vs Persija Jakarta) akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu 2 Oktober 2022.

Faktor keamanan menjadi alasan kenapa jam main El Clasico itu diubah mengingat pertemuan kedua klub liga 1 ini akan menyedot perhatian besar dari masyarakat, mengingat kedua klub tersebut masing-masing memiliki suporter-suporter fanatik.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ahmad Hadian Lukita mengatakan, pihaknya memang menerima surat permohonan perubahan jadwal jam main Persib vs Persija dari pihak keamanan di Bandung.

“Itu ada permohonan dari Kapolrestabes suratnya ke LIB. LIB akan berkomunikasi dengan berbagai pihak, tidak langsung kita iyakan,” kata Lukita saat dihubungi wartawan di Bandung, Senin (26/9/2022).

Lukita menjelaskan, setelah mendapat surat permohonan itu, LIB langsung berkoordinasi dengan pihak broadcast dan Persija. Semua pihak harus sepakat jika jam main laga super big match tersebut akan dirubah.

“Sebenarnya Persib biasanya emang main sore ya, pada saat kita bikin jadwal terakhir, (vs Persija) itu main malam, karena ini kan super big match lah kita sebut. Tapi memang permohonan dari Polrestabes main sore, kita lagi komunikasi sama broadcast sama Persija harus sepakat semua,” ucap Lukita.

Menurutnya, LIB akan mengumumkan secepat-cepatnya terkait jadwal pasti Persib melawan Persija di pekan ke-11 Liga 1. Namun semua keputusan itu masih harus menunggu hasil kesepakatan bersama.

Apalagi di waktu dan hari yang sama, ada pertandingan lain antara PSIS Semarang melawan Bhayangkara FC. “Salah satunya itu, kita kan permohonan main sore Persib dari awal sudah dipenuhi, termasuk broadcast mengalah. Nah sekarang broadcast minta (main) malam ya. Kita coba komunikasi, keamanan yang paling penting,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, jadwal Persib vs Persija memang akan digeser dari malam ke sore hari.

Namun Tompo tidak menjelaskan jam berapa laga itu akan digelar. “Iya jadi akan main sore hari,” katanya, Senin 26 September 2022.

Tompo menjelaskan, ada pertimbangan-pertimbangan yang diambil kepolisian untuk menggeser jadwal pertandingan itu. Faktor keamanan menurutnya jadi pertimbangan utama.

Menurutnya, jika laga digelar sore hari, kepolisian bisa lebih mudah memantau pergerakan suporter yang hadir di Stadion GBLA nanti. Dengan begitu, kepolisian bisa bergerak cepat jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau sore hari selain terlihat penonton, mudah terpantau juga pada saat kembali malam itu juga biasanya cepat untuk bubar. Ini sangat menjadi pertimbangan untuk bisa melakukan pengamanan dan pelaksanaan dengan aman dan damai atau tidak terjadi permasalahan kamtibmas yang terjadi,” ujarnya.

“Sehingga diputuskan secara bersama lebih bagus menggunakan waktu untuk pertandingan sore hari itu,” ujarnya. (Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

152 komentar