Inovasi Pelayanan Publik Cimahi, Dapat Penghargaan Top Terpuji 45 dari Kemen PAN RB

DEPOSTJABAR,COM (CIMAHI).- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas memberikan penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 Top Terpuji 45 kepada Pemerintah Kota Cimahi dengan inovasinya, “Makerspace Digital Kreatif” di Grand Ballroom Hotel Bidakara Jakarta,Kamis (9/12/2022) .

Penganugerahan pelayanan publik merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain itu juga memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Penganugerahan pelayanan publik diberikan atas hasil evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik (UPP), penyedia sarana dan prasarana ramah kelompok rentan, serta Top Terpuji 45 inovasi pelayanan publik dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

Menurut Penjabat Walikota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan yang menerima penghargaan tersebut, berawal dari Keterpurukan di masa Pandemi Covid -19 tahun 2020 yang melanda sektor ekonomi dan jasa, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian hadir memberikan fasilitasi bagi masyarakat yang mempunyai bakat atau ketertarikan di bidang asset digital kreatif ini melalui kegiatan Cimahi Makerspace yang berpusat di UPTD Cimahi Technopark.

“Lini bisnis ini dinilai sangat menjanjikan karena memberikan solusi work life balance, sangat cocok dengan perkembangan zaman, market yang sangat luas, serta penghasilan aktif serta pasif bagi para kreator yang dapat dijadikan pondasi bagi para kreator untuk mengembangkan produknya lebih jauh di masa depan sehingga dapat bersaing di pasar global. Fokus sektor bisnis dalam pendampingan Cimahi,” jelasnya.

Makerspace ini adalah Desain grafis berikut dengan turunannya seperti Desain Sosial Media, Desain Flyer Brosur dan Poster, Desain Buku dan Majalah, Desain Presentasi, Desain pendukung kantor, Desain Aset 3D dan ilustrasi, Desain Mock-up Produk, Typhography, Fotografi dan Videografi.

“Seluruh karya para kreator dipasarkan dimarketplace desain yang memiliki peluang besar untuk dapat bersaing dipasar global desain seperti Envato, Creative Market, Canva, Adobe Stock dan Freepik,” jelas Dikdik.

Pendampingan Cimahi Makerspace ini memberikan fasilitasi bagi masyarakat yang mempunyai bakat atau ketertarikan di bidang asset digital kreatif ini melalui kegiatan Cimahi Makerspace. Terlebih, terdapat 1 start-up di Kawasan Cimahi Techno Park yang fokus di bidang komersialisasi asset digital kreatif yaitu Tepi Garis yang dapat menjadi kolaborator tepat untuk mengembangkan sektor industri kreatif ini karena sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di sektor tersebut.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat ekonomi yang eksponensial dan optimal serta mempercepat adaptasi para pelaku industri kreatif Kota Cimahi dengan kebutuhan konsumen global,” ujarnya.

 Terkait dengan penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Cimahi ini, Dikdik merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada innovator dan UPTD Technopark yang telah bekerja keras meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasinya.

“Alhamdulillah Kota Cimahi telah meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2022 ditengah keterbatasan sumber daya alam Kota Cimahi,”tandasnya.

Kedepannya harapan Dikdik, semoga penghargaan ini menjadi salah satu motivasi bagi Pemerintah Kota Cimahi untuk terus selalu berupaya meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat

“Mari kita terus berinovasi. Cimahi Ngahiji, Cimahi berinovasi” tutupnya.(Bagdja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1,260 komentar