Leg 1 Semifinal Piala AFF 2022,  Indonesia Harus Puas Ditahan Imbang Vietnam

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG).- Di kandang sendiri, Timnas Indonesia ditahan imbang 0-0 oleh Vietnam. Otomatis pada leg ke-2 nanti, Garuda harus kerja ekstra keras, agar target jadi juara bisa tercapai.

Laga antara Indonesia kontra Vietnam pada Leg 1 Semifinal Piala AFF 2022/2023 berlangsung keras. Pertandingannya terjadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 6 Januari 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada laga itu, telah menyiapkan strategi khusus agar bisa memenangi pertandingan.

Pria berkewarganegaraan Korea Selatan ini memilih untuk menggunakan formasi menyerang, yaitu 4-2-3-1.

Dendy Sulistyawan dipasang menjadi strikter tunggal. Pergerakan Dendy dibantu oleh Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, dan Rachmat Irianto.

Sedangkan Pelatih Timnas Koresel, Park Hang-seo memilih memakai strategi 5-3-2.

Duet, Phan Van Duc dan Nguyen Tien Linh diharapkan bisa menjadi mesin gol Vietnam. Pergerakan keduanya, dibantu oleh Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung, dan Nguyen Hoang Duc.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol. Dendy Sulistyawan, Marselino Ferdinan, dan Yakob Sayuri adalah nama-nama yang punya peluang emas untuk membobol gawang Vietnam.

Tetapi peluang-peluang tersebut tak ada yang berbuah menjadi gol. Tendangan Marselino dan sundulan Yakob berhasil dimentahkan oleh Dang Van Lam. Sedangkan Dendy yang punya ruang tembak terbuka malah memilih mengoper bola.

Sebaliknya, Vietnam justru tidak mampu membuat peluang emas untuk mencetak gol. Skor imbang 0-0 pun menghias akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, pertandingan sempat memanas ketika terjadi keributan antara kedua tim. Hal tersebut dipicu oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Doan Van Hau pada Dendy Sulistyawan di menit ke-54.

Doan Van Hau yang melakukan pelanggaran ikut terjatuh mengerang kesakitan. Hal itu kemudian juga sempat membuat sejumlah ofisial Vietnam mendatangi lapangan.

Setelah keributan mereda, Timnas Indonesia dan Vietnam terus melakukan aksi jual beli serangan. Tetapi hingga laga memasuki menit ke-70, kedua tim masih sama-sama kesulitan mencetak gol.Dalam kondisi kedua tim sama-sama belum mencetak gol, Shin Tae Yong belum tergerak untuk melakukan pergantian pemain. Sedangkan Vietnam sudah memasukkan dua pemain pengganti yaitu Tan Tai Ho dan Tuan Hai Pham. Shin Tae Yong baru melakukan pergantian di menit ke-81 ketika memainkan Ricky Kambuaya menggantikan Rachmat Irianto.

Pada menit ke-82, Pratama Arhan mencoba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tetapi tendangan Arhan masih melambung jauh di atas gawang.

Di masa injury time, tembakan Yakob Sayuri mengarah ke gawang tetapi bisa dibuang keluar oleh kiper Vietnam. Shin Tae Yong lalu menurunkan Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, dan Saddil Ramdani masuk ke lapangan di menit-menit akhir.

Tak ada gol yang tercipta di laga ini. Indonesia vs Vietnam imbang 0-0.

Leg ke-2 Semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia Vietnam akan berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam pada Senin 9 Januari 2023, pukul 19.30 WIB. (Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

185 komentar