Indonesia Gagal Melaju ke Final AFF 2022, Begini Nasib STY Selanjutnya

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG) .- Dicukur gundul Vietnam pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2022, Indonesia gagal melaju ke Final. Prestasi Garuda Anjlok.

Padahal pada 2020 lalu masuk final dan kalah lawan Thailand leg 1 skor 0-4 dan leg 2 skor 2-2. Bagaimana nasib Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong?

Pada laga leg 2 semifinal Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion My Dinh Hanoi Vietnam, Senin 9 Januari 2022. Indonesia betul-betul tampil buruk.

Selama 90 menit tarung di lapangan hijau Indonesia tak punya satupun shot on target beda dengan lawannya yang punya 5 shot on target.

Dua gol Vietnam di laga ini di cetak lewat gol cepat, pencetaknya satu orang, Nguyen Tien Linh dapat brace di menit ke-3 dan 47 (menit ke-2 babak ke2).

Bermain di depan suporter sendiri, Vietnam memegang kendali permainan sejak awal laga. Hingga akhirnya gol cepat pun tercipta.

Berawal dari serangan balik, Nguyen Tien Linh sanggup menaklukan Nadeo Argawinata pada menit kedua.

Sepakan Nguyen Tien Linh tidak keras tapi bola gagal dihadang oleh Nadeo. Setelah gol tersebut, pertandingan berjalan cukup panas.

Empat kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit menjadi buktinya. 2 Indonesia dan 2 Vietnam. Mereka adalah Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Asnawi Mangkualam dan Ricky Kambuaya.

Setelah gol Vietnam di menit ke-3 itu, tak ada gol lagi yang tercipta, skor 1-0 untuk Vietnam menutup babak pertama.

Di babak kedua, gol cepat lagi-lagi didapatkan Vietnam. Kali ini dihasilkan melalui sundulan, pencetak golnya masih Nguyen Tien Linh, gol tercipta dengan memanfaatkan umpan dari sepakan pojok.

Setelah babak kedua bergulir selama 12 menit, Shin Tae-yong memasukan dua tenaga baru pada menit ke-57.

Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya ditugaskan untuk mengganti Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani.

Tandukan Fachruddin Aryanto pada menit ke-62 masih melebar tipis di sisi kiri gawang Vietnam.  Dua penyerang dimasukan Shin Tae-yong pada menit ke-77.

Ilija Spasojevic dan M Rafli masuk menggantikan Marselino Ferdinan dan Rizky Ridho. Pergantian pemain yang dilakukan rupanya belum bisa mengubah keadaan. Skor 2-0 untuk Vietnam bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini membuat timnas Indonesia harus tersingkir dan kembali mengubur mimpinya untuk meraih gelar juara Piala AFF.

Pelatih Timnas Indoensia Shin Tae yong (foto:twitter pssi))

Bagaimana Nasib Shin Tae-yong

Lalu bagaimana dengan nasib Shin Tae-yong?. Meski gagal, sepertinya posisi Shin Tae-yong di timnas Indonesia tak akan berubah.

Ini tidak lain dikarenakan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sempat mengungkapkan tentang nasib Shin Tae-yong bila gagal di Piala AFF 2022. Hal tersebut diungkapkan oleh Mochamad Iriawan sebelum Piala AFF 2022 bergulir.

Pria yang sering disapa Iwan Bule itu memang menyebut akan ada evaluasi. Hanya saja, Mochamad Iriawan menilai bahwa Shin Tae-yong telah banyak memberikan perubahan positif untuk timnas

Sukses lolos ke Piala Asia 2023 dan mendongkrak rangking FIFA timnas Indonesia merupakan buktinya.

“Tentunya nanti kita akan adakan perbaikan, pastinya kita akan adakan diskusi dengan teman-teman Exco gimana ke depan.” katanya.

“Tapi saya pikir semua proses, ya. Dan perkembangan di bawah STY (Shin Tae-yong) juga cukup signifikan.”

“Termasuk kemarin kita bisa lolos Piala Asia luar biasa. Sudah 15 tahun.”

“Juga ada peningkatan ranking dari 179 ke 152. Kita hargai. Percaya kepada proses,” tuturnya.

Sementara itu, prestasi Shin Tae-yong di Piala AFF bisa dikatakan menurun. Seperti yang diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu sanggup membawa timnas Indonesia mencapai babak final di Piala AFF 2020 lalu. (Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

997 komentar