Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata?

DEPOSTJABAR-Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting. Dengan mata yang sehat, kita bisa menggunakan indera pengelihatan kita dengan maksimal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga agar mata tetap sehat. Berikut ulasannya.

1. Periksa mata secara rutin
Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia disarankan untuk memeriksa mata secara rutin setidaknya selama 2 tahun sekali. Orang dewasa yang berumur 40 tahun lebih bahkan disarankan untuk memeriksa mata satu tahun sekali.

Pemeriksaan rutin ini bertujuan untuk melihat dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia. Dengan memeriksa mata secara rutin, dokter dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi kerusakan atau penyakit mata sejak dini.

2. Konsumsi makanan bergizi
Untuk menjaga agar mata tetap sehat, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium dan asam lemak omega 3. Beberapa nutrisi diatas dipercaya bisa mencegah beberapa penyakit mata pada usia lanjut.

3. Hindari penggunaan gawai terlalu lama
Menatap layar komputer atau handphone terlalu lama dapat membuat mata menjadi lelah. Gejala yang dirasakan saat mata lelah adalah sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering serta pandangan kabur.

Jika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, coba istirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

BACA JUGA: Terowongan Casablanca Menyimpan Cerita Mistis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

84 komentar