Percaya Tidak Percaya, Mitos Wisata Pantai di Nusantara

DEPOSTJABAR,- Wisata pantai menjadi salah satu destinasi yang banyak penggemarnya.  Apalagi wilayah Indonesia sebagian besar merupakan perairan dengan jajaran pulau-pulau.  Banyak wisata pantai dengan keindahan yang berbeda-beda.  Menambah keunikannya, tiap keindahan itu menyimpan cerita berupa mitos ataupun legenda masyarakat nusantara.  Berikut ini beberapa mitos yang ada di pantai nusantara.

Patung anak durhaka

Pernahkan kamu mendengar cerita Malin Kundang? Cerita Malin Kundang yang terkenal tak lepas dari kisah lampau Pantai Air Manis di Kota Padang. Pantai ini kental dengan cerita seorang anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu.  Karena ia tak mengakuinya sebagai orang tua. Mitos yang berkembang sejak lama ini diperkuat dengan adanya sebuah patung yang mirip dengan manusia memohon ampun.  Patung itu diyakini sebagai Malin Kundang.

Pantai Selatan sebagai Kekuasaan Nyi Roro Kidul

Kisah yang melegenda ini telah beredar luar dimasyarakat.  Pantai selatan seperti Pelabuhan Ratu, Parangtritis, Logending, dan beberapa pantai lainnya diyakini sebagai kekuasaan Ratu Pantai Selatan.  Nyi Roro Kidul juga mencerminkan berbagai kisah berbeda dari asal-usulnya, legenda, mitologi, dan kisah turun-temurun. Ia memiliki sebutan lain yaitu Ratu Laut Selatan dan Gusti Kanjeng Ratu Kidul.

BACA JUGA: Ini Resep, Cara Membuat Soto Betawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

79 komentar