Ridwan Kamil : Bandara Kertajati Siap Menyelenggarakan Penerbangan Haji 2023

DEPOSTJABAR.COM (KOTA BOGOR ).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi penetapan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) oleh Pemerintah dan DPR.

“Alhamdulilah, DPR dan pemerintah sudah menyepakati biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) calon jemaah haji 2023 rata-rata sebesar Rp 49,8 juta per orang,” ujar Ridwan Kamil ketika menghadiri peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW, di Mesjid Annur Kramat Empang, Kota Bogor, Kamis (16/2/2022) malam.

Menurut Gubernur, kenaikan Bipih atau dulu disebut ongkos naik haji (ONH) tidak bisa dihindarkan. Ia yakin Pemerintah dan DPR telah mempertimbangkan secara detail agar Bipih masih terjangkau masyarakat.

Sebelumnya diwacanakan Bipih naik hingga hampir dua kali lipat dan berdinamika di masyarakat. Namun kemudian biayanya turun melalui penetapan Pemerintah – DPR. 

“Meski penurunannya ada yang bisa menerima atau tidak, kenaikan (Bipih) ini tidak bisa dihindari,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur memastikan, semua calon jemaah haji termasuk dari Jabar yang telah melunasi Bipih sejak 2020, tidak perlu menambah biaya lagi.

“Kabar baiknya, biaya ini tidak dibebankan pada jemaah haji tahun 2020 yang sudah melunasi biaya hajinya,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur menjelaskan, tahun 2023 Jabar mendapat kuota haji sebanyak 38.567 orang. “Mudah mudahan tidak ada kendala dalam pelunasan. Jika ada kendala, silakan lapor pada kantor wilayah Kementerian Agama,” kata Ridwan Kamil.

Untuk sukses haji 2023, Gubernur memiliki optimisme Jabar dapat memberikan kontribusi signifikan. Di antaranya dengan operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka untuk keberangkatan dan kepulangan haji.

“Hasil asesmen otoritas penerbangan Arab Saudi memastikan Bandara Kertajati, Majalengka sudah siap dan layak menyelenggarakan penerbangan haji 2023 sebanyak 7.690 jemaah. Asrama haji di Indramayu juga sudah siap,” jelas Ridwan Kamil.(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

111 komentar