Piala AFF 2022, Indonesia Menang pada Laga Tandang Pertama Kalahkan Brunei Darussalam

DEPOSTJABAR.COM (BANDUNG).- Timnas Indonesia menang 7-0 atas Brunei Darussalam pada laga kedua Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 26 Desember 2022, pukul 17.00 WIB.

Gol Indonesia oleh Syahrian Abimanyu pada menit ke-20, Dendy Sulistyawan menit ke-41, Egy Maulana Vikry menit ke-59. Setelah itu, Illija Spasojevid menit ke-60, Ramadhan Sananta menit 68, Marc Klok menit ke-86 dan Yakob Sayuri menit 90+2.

Dua kali main, 2 kali menang, gol memasukkan 9, kemasukan 1, selisih gol 8. Sedangkan, Brunei terpuruk di dasar klasemen sementara, tanpa raihan gol dari tiga kali penampilan.

Setelah mengalahkan Brunei, Marck Klok dan kawan-kawan akan menantang Thailand di Stadion Utama, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Kamis 29 Desember 2022.

Sejak awal laga timnas Indonesia langsung berusaha mengusai permainan. Gol yang dinantikan timnas Indonesia akhirnya lahir lewat Syahrian Abimanyu.

Menerima umpan dari Ilija Spasojevic, tendangan dari Syahrian Abimanyu sukses menggetarkan jala gawang lawan. Skor 0-1 untuk keunggulan timnas Indonesia.

Memasuki menit ke-29, sontekan Dendy Sulistyawan selepas masih belum tepat sasaran.

Semenit berselang, Saddil Ramdani yang berada di dalam kotak penalti gagal memaksimalkan peluang emas.

Diawali dengan melewati hadangan dua pemain, tembakan Saddil Ramdani bisa diantisipasi kiper Haimie Abdullah.

Lagi, tendangan bebas Saddil Ramdani masih diselamatkan tiang gawang lawan pada menit ke-33.

Empat menit berselang, Brunei Darussalam harus bermain dengan 10 pemain setelah Alinur Rashimy melanggar Saddil Ramdani, dia pun diganjar kartu kuning kedua. Pada menit ke-42, timnas Indonesia menggandakan kedudukan menjadi 0-2 lewat Dendy Sulistyawan.

Bermula dari umpan Asnawi Mangkualam yang dikirimkan ke dalam kotak penalti lalu sempat disambar Saddil Ramdani, bola pun jatuh mengarah ke Dendy Sulistyawan yang berada disampingnya.

Sontekan tipis dari Dendy Sulistyawan tidak mampu dihalau Haimie Abdullah. Hingga turun minum, skor 0-2 untuk sementara milik skuad Garuda.

Di babak kedua, dominasi Indonesia berlanjut. Dua gol cepat kemudian bisa ditambah pasukan Shin Tae-yong. Pertama Egy Maulana Vikri yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-59. Egy bisa meneruskan umpan Edo menjadi gol lewat sundulan. Skor 3-0 untuk Indonseia.

Semenit berselang, Spasojevic ikutan menambah gol. Sepakan kaki kanannya, memanfaatkan umpan Asnawi berbuah gol. Keunggulan Garuda menjadi 4-0.

Tekanan Indonesia belum berhenti. Di menit ke-68, Ramadhan Sananta, yang menggantikan Spasojevic, bisa ikutan menambah gol. Skor menjadi 5-0 untuk keunggulan Indonesia.

Sudah unggul jauh, Indonesia mengendurkan tekanannya. Namun, Brunei masih terlihat kesulitan menembus rapatnya lini belakang tim Merah Putih yang cukup disiplin.

Malah Indonesia bisa menambah satu gol lagi. Marc Klok, yang baru masuk, bisa memperbesar keunggulan menjadi 6-0, usai meneruskan umpan Yakob Sayuri.

Di masa injury time, Yakob Sayuri ikutan memperbesar keunggulan menjadi 7-0. Gol itu menjadi penutup pesta Timnas Indonesia ke gawang Brunei Darussalam. (Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

939 komentar