Piala AFF 2022, Witan Sulaeman Tentukan Kemenangan Indonesia atas Kamboja

DEPOSTJABAR.COM (JAKARTA).- Hasil laga perdana Indonesia di Piala AFF 2022 positif, kalahkan Kamboja 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat 23 Desember 2022. Laga ditonton secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Gol Indonesia dihasilkan Egy Maulana Vikri pada menit ke-7 dan Witan Sulaeman pada menit ke-35. Sementara gol semata wayang Kamboja dilesakkan oleh Sareth Krya pada menit ke-15.

Berkat kemenangan itu, Indonesia saat ini mengantongi tiga poin, menyamai Thailand, Filipina dan Kamboja.

Jalannya Pertandingan

Egy Mulyana langsung merobek gawang Kamboja saat laga baru berlangsung 2 menit, tetapi sepakan kaki kiri itu dianulir wasit karena Egy terlebih dahulu terperangkap jebakan offside.

Tiga menit kemudian, Egy kembali mengancam gawang Kamboja yang dijaga Keo Soksela. Sayang sundulan itu masih melambung tipis di atas mistar gawang Kamboja.

Kegigihan Egy di menit-menit awal itu, berbuah manis juga, dia baru bisa menjebol gawang Kamboja pada menit ke-7. Gol dihasilkan pesepakbola dengan nomor punggung 10 berkat umpan terukur dari Pratama Arhan.

Tujuh menit berselang, Indonesia nyaris menggandakan keunggulan lewat tembakan Witan Sulaeman di menit ke-14. Namun bola tembakan kaki kiri Witan itu masih bisa dimentahkan mistar gawang.

Ditekan terus bukan berarti Kamboja, frustasi. Dia justru berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Saret Krya.

Sundulan yang memanfaatkan umpan lambung itu, gagal diantisipasi oleh kiper Nadeo Argawinata.

Setelah itu, tepatnya di menit ke-21, Indonesia nyaris  mendapatkan gol lewat lemparan ke dalam jarak jauh yang diarahkan Pratama Arhan.

Lemparan jarak jauh itu gagal diteruskan para pemain Indonesia yang berkerumun di dekat gawang Kamboja.Indonesia terus berjuang, agar bisa menggandakan keunggulan, tetapi hingga menit ke-32 belum ada yang bisa, berbuah gol.

Gol baru bisa didapatkan kembali oleh Indonesia pada menit ke-35. Umpan terukur Marselino Ferdinan ke depan gawang Kamboja berhasil dituntaskan dengan sempurna oleh Witan Sulaeman.

Indonesia mendapatkan peluang emas untuk menambah gol pada menit ke-38, lewat Egy Maulana Vikri.

Namun, peluang emas itu terbuang percuma, gegara Egy yang tinggal berhadap-hadapan satu lawan satu dengan kiper Kamboja, gagal mengontrol bola.

Di babak kedua, gawang Indonesia mendapatkan ancaman dari Kamboja pada menit ke-57 lewat aksi Reung Bunheing. Untungnya peluang tersebut bisa digagalkan oleh kiper Nadeo Argawinata.

Beberapa saat kemudian, Yakob Sayuri nyaris cetak gol. Sepakan skuad Merah Putih yang baru main di babak kedua itu menyimpang tipis dari tiang gawang Kamboja.

Sejumlah peluang matang yang didapat Indonesia di babak kedua, semuanya gagal menghasilkan gol. Alhasil laga perdana Indonesia di grup A Piala AFF 2022 itu ditutup dengan kemanangan 2-1 atas Kamboja.(Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

508 komentar