Kronologi Singkat G30S PKI: Awal hingga Pasca Tragedi

DEPOSTJABAR.COM,- Peristiwa G30S PKI terjadi pada tanggal 30 September 1965 silam.
Meski telah lama terjadi, namun hingga kini peristiwa tersebut masih menjadi tragedi paling kontroversial dan menyisakan banyak misteri. Akibat tragedi G30S PKI antara PKI dan TNI tersebut, banyak menyebabkan sejumlah prajurit perwira TNI gugur.

Sejarah Latar Belakang Peristiwa Pemberontakan G30S PKI
Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia adalah G30S PKI. Gerakan 30 September oleh PKI yang disebut G30S PKI adalah salah satu tragedi nasional mengancam keutuhan NKRI. Seperti namanya tragedi tersebut terjadi pada tanggal 30 September 1965. Peristiwa itu berlangsung selama dua hari yakni sampai tanggal 1 Oktober 1965.

Peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang menjadi tragedi nasional tersebut diduga dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia dan menimbulkan korban di kalangan petinggi militer. Latar belakang peristiwa G30S PKI adalah sebab persaingan politik, karena PKI sebagai kekuatan politik merasa khawatir dengan kondisi kesehatan Presiden Soekarno yang memburuk.
Pada awal Agustus 1965, ketika Presiden Soekarno tiba-tiba pingsan setelah berpidato, banyak pihak yang beranggapan bahwa usia beliau tidak akan lama lagi. Sehingga muncul pertanyaan besar tentang siapa yang akan menjadi pengganti Presiden Soekarno nantinya. Hal ini yang menyebabkan persaingan semakin tajam antara PKI dengan TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

175 komentar